web log free 5 Penyebab Anjing Diare yang Perlu Anda Pahami

5 Penyebab Anjing Diare yang Perlu Anda Pahami

bisnis

5 Penyebab Anjing Diare yang Perlu Anda Pahami

penyebab anjing diare

Anjing juga bisa mengalami masalah pencernaan layaknya manusia. Salah satunya yaitu diare yang menyebabkan kebiasaan buang air air besar tidak seperti biasanya. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab anjing diare. Sebelum mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui apa saja penyebabnya berikut ini:

Perubahan Pola Makanan

Penyebab anjing bisa mengalami diare yang pertama yaitu perubahan pada pola makanannya. Jika Anda memberikan makanan baru untuk anjing, maka bisa saja mereka mengalami diare. Pasalnya sistem pencernaan anjing membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan makanan baru. Beberapa hal yang meningkatkan risiko diare yaitu makanan manusia, makanan lemak tinggi, makanan berlebihan, serta garam dan gula.

Alergi Terhadap Makanan

Penyebab paling sering anjing mengalami diare adalah alergi terhadap makanan. Ketika anjing alergi makanan, maka aliran darah ke saluran gastrointestinal kurang. Hal tersebut menyebabkan masalah pencernaan seperti muntah, perut bergas, dan juga diare. Tanda alergi makanan yang terakhir yaitu gatal-gatal, bengkak di wajah, dan sering menjilati rectum.

penyebab anjing diare

Stres

Anjing juga bisa mengalami stres atau gangguan emosional yang berdampak pada kesehatan pencernaan. Salah satu gejala yang dialami anjing yaitu diare. Stres bisa disebabkan karena kecemasan perpisahan, tertekan, sulit beradaptasi, dan lain sebagainya. Anda sebagai pemilik harus selalu memastikan kehidupan anjing baik.

Parasit

Anjing dengan kekebalan tubuh rendah mudah mengalami diare apabila terinfeksi parasit. Ada banyak jenis parasit penyebab diare seperti cacing tambang, cacing gelang, cacing cambuk, giardia, dan koksidia. Ciri anjing terinfeksi parasit yaitu adanya cacing di kotoran.

Infeksi Bakteri atau Virus

Bukan hanya parasit saja yang bisa menyebabkan diare. Infeksi bakteri dan virus juga bisa membuat pencernaan anjing bermasalah. Virus paling sering menginfeksi anjing dan menyebabkan diare adalah distemper, virus corona anjing, dan virus parvo. Harus dilakukan vaksinasi untuk mencegah infeksi bakteri atau virus.

Makanan menjadi salah satu penyebab anjing diare. Oleh sebab itu, Anda wajib memilih makanan yang tepat untuk anabul. Royal Canin merupakan merek makanan terbaik untuk semua jenis anjing. Anda bisa memilih variannya sesuai usia dan ras anjing. Lihat informasi seputar Royal Canin di website www.royalcanin.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *